Pulau Kenawa

Sunyi. Tak ada kicauan burung, tak terdengar pula deburan ombak besar. Sejauh mata memandang, yang tersaji hanya hamparan padang rumput. Hanya sejumlah "brugak" terlihat di beberapa sudut pulau.



Pulau Kenawa tak berpenghuni. Tidak ada warga bermukim. Pepohonan besar tak banyak tumbuh di pulau di utara Sumbawa Barat, NTB, ini, kecuali mangrove.


Meski begitu, bukan berarti pulau ini sepi dari aktivitas masyarakat. Pulau Kenawa memiliki panorama indah dan memesona. Wisatawan domestik maupun mancanegara banyak berkunjung ke tempat ini.


Dermaga kayu yang menjulur beberapa meter ke laut di Pulau Kenawa, barangkali menjadi saksi bisu aktivitas tersebut. Kapal-kapal nelayan hampir setiap hari bersandar di dermaga itu. Mereka mengantarkan para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Pulau Kenawa.



Pulau Kenawa berada tidak jauh dari pelabuhan penyeberangan Poto Tano, Sumbawa Barat. Pelabuhan ini menghubungkan daerah ini dengan Pelabuhan Kayangan di Pulau Lombok. Untuk menjangkau Pulau Kenawa, wisatawan biasa naik kapal nelayan dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.


Sementara Kabupaten Sumbawa Barat sendiri merupakan kabupaten baru di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kabupaten ini di sebelah utara berbatasan dengan Laut Flores, di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Sumbawa, di selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dan di barat berbatasan dengan Selat Alas.



Kabupaten Sumbawa Barat adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Sumbawa pada tanggal 18 Desember 2003 berdasarkan Undang-undang Nomor 30 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Sumbawa Barat di Provinsi NTB. Perusahaan tambang Newmont juga beroperasi di Batu Hijau di kabupaten ini.

Data Biro Pemerintahan Setda NTB, menyebutkan, NTB memiliki 280 pulau yang menyebar di 10 wilayah, termasuk dua pulau besar yakni Pulau Lombok dan Sumbawa.



Rinciannya, di Kabupaten Lombok Barat terdapat 38 pulau, Lombok Tengah 20 pulau, Lombok Timur 35 pulau, Sumbawa Barat 15 pulau, Sumbawa 62 pulau, Dompu 23 pulau dan Bima sebanyak 84 pulau. Pulau-pulau tersebut memiliki potensi masing-masing, diantaranya potensi wisata seperti Gili Trawangan yang bersebelahan dengan Pantai Senggigi di Kabupaten Lombok Barat.
































1 komentar:

  1. candra mengatakan...:

    indonesia wonderful

Posting Komentar

Terimakasih Telah membaca Entri Blog Visit Lombok & Sumbawa.

Tulis Komentar anda.

Get Adobe Flash player
 
Flexi - Visit Lombok Sumbawa © | Designed and Development by Juliarta Suwasta, Powered By Telkom Flexi