Gili Kondo


Pulau ini terletak di Perairan Kecamatan Sambelia kurang lebih 50 km utara kota Selong dan dapat di tempuh melalui pantai Transat di Kecamatan Sambelia sekitar 25 menit dan pelabuhan Kayangan Labuhan Lombok sekitar 45 menit. Meski di pantai Transat pasirnya berwarna hitam namun di gili lampu dan beberapa gili di sekitarnya berpasir putih. kita bisa menikmati alam bawah laut dengan snorkeling di gili ini. Selain gili bagek, ada pula gili petagan dan gili-gili lainnya yang berada di sekitar kawasan tersebut. Untuk pengembangan pulau-pulau kecil ini sesuai dengan tata ruang wilayah Provinsi NTB tidak ada pembangunan fisik di Pulau itu, namun hanya menjadi tempat tujuan wisata.

Selain obyek wisata tiga Gili di Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, yakni Gili Trawangan, Meno dan Air, yang sudah lebih dahulu dikenal keelokan alam dan pemandangan bawah lautnya. Kabupaten Lombok Timur juga memiiki lokasi wisata yang tak kalah menariknya. Satu diantaranya adalah Gili Kondo, Desa Labuh Pandan, Kecamatan Sambelia.
Di pulau kecil berpasir putih seluas hampir 20 hektar yang merupakan satu diantara 33 gili lainnya di wilayah Lombok Timur ini, beberapa kali dalam seminggu selalu didatangi para wisatawan yang dibawa Perama tour & travel untuk berwisata, baik melakukan snorkeling, menyalakan api unggun, maupun barbeque.
Dalam hal ini, pihak Perama sejak 1992 lalu memang telah diberi kepercayaan oleh Pemkab Lombok Timur untuk mengelola, sekaligus melestarikan Gili Kondo dan Gili Bidara (15 hektar). Dimana upaya pencegahan kerusakan sekaligus penanaman kembali terumbu karang di sekitar gili, juga mulai dilakukan pada tahun 2000-an.
Untuk itu, tak berlebihan kiranya jika di pulau kecil ini juga ada kantor milik Perama tour & travel, bahkan penginapan. Sayangnya, untuk menginap di penginapan tersebut, tamu harus booking lebih dahulu di kantor Perama di Mataram.
Untuk diketahui, guna mencapai kedua gili tersebut (Gili Kondo dan Gili Bidara), bisa menggunakan perahu motor dari Pelabuhan Kayangan di ujung timur Pulau Lombok, dengan jarak tempuh sekitar satu jam. Sementara jarak dari Mataram (Ibukota Provinsi NTB) ke Pelabuhan Kayangan, sekitar 100 kilometer, atau dua jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor.
Get Adobe Flash player
 
Flexi - Visit Lombok Sumbawa © | Designed and Development by Juliarta Suwasta, Powered By Telkom Flexi