Pemandian Lemor










Desa Swela terletak di kabupaten Lombok Timur. Di desa tersebut terdapat hutan lindung yang merupakan bagian dari kawasan gunung Rinjani. Di dalam hutan lindung tersebut terdapat mata air yang cukup besar. Selain untuk mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat desa Swela, Ketangga, Suntalangu, Selaparang juga digunakan untuk mengairi lahan pertanian di 4 desa tersebut.

Pada musim kemarau seperti pada saat ini air tersebut tidak mencukupi kebutuhan 4 desa tersebut khususnya untuk mengairi lahan pertanian. Ini disebabkan karena makin berkurangnya debit air tersebut. Tahun lalu kawasan tersebut pernah direncanakan oleh Departemen Kehutanan untuk menjadi Taman Nasional. Beberapa survey telah dilakukan, tetapi rencana tersebut terhenti karena tidak disetujui oleh Bupati Lotim dengan alasan tidak jelas. Padahal dengan menjadikannya kawasan itu sebagai Taman Nasional banyak manfaat yang akan diperoleh oleh masyarakat Lotim khususnya masyakat kec. Suela.
di antaranya terpeliharanya ekosystem di kawasan tersebut,akan munculnya sumber

Sumber mata air baru, menjadikan kawasan itu sebagai laboratorium hidup bagi anak didik, serta masyarakat umum, tempat wisata keluarga sekaligus bisa menambah PAD Daerah Lombok Timur. Untuk itu sangat diharapkan dukungan dari berbagai kalangan agar rencana itu bisa terlaksana.

Disini Terdapat juga kolam pemanadian yang bisa di kunjungi untuk rekreasi, anda akan amendapatkan suasana yang alami dan Fresh,
Get Adobe Flash player
 
Flexi - Visit Lombok Sumbawa © | Designed and Development by Juliarta Suwasta, Powered By Telkom Flexi