Pantai Senggigi

 
Merupakan tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Terletak di sebelah barat pesisir Pulau Lombok, pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Pesisir pantainya masih asri walaupun masih belum tertata rapi. Keindahan pantai Senggigi akan puas bisa dinikmati dari hotel dan resort di sepanjang bibir pantai yang memang memiliki pantai sendiri dan terkelola dengan baik.



Destinasi wisata yang terkenal di Lombok ini bisa ditempuh dengan perjalanan 15 menit dari kota Mataram. Surfing, kano, ataupun bahkan snorkeling bisa dinikmati disini. Jika ingin menikmati keindahan alam raya, pantai ini akan membawa ke awang-awang Anda ke dalam keindahan tiada batas sesaat menjelang matahari terbenam. Bahkan, suasana Pantai Senggigi akan terasa lebih romantis saat matahari terbenam. Sensasi sunsetnya bersenyawa dengan kesenyapan alami menenteramkan.

Berhadapan dengan Selat Lombok yang berbatasan dengan Pulau Bali, menjadikan Senggigi punya panorama dengan keindahan eksotis. Berlatar Gunung Agung di pulau seberangnya (Pulau Bali), Pantai Senggigi dipagari oleh deretan pohon-pohon kelapa yang rimbun.

Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan snorkling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah ditengah. Sementara pada tempat tertentu memiliki ombak yang cukup untuk dinikmati sambil berselancar. Dan sebagai pusat resort di Lombok, kawasan Senggigi dilengkapi dengan berbagai fasilitas akomodasi; restoran, cafe, diskotik, hotel maupun villa, dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai yang berharga ekonomis.

Sekitar setengah jam dengan berjalan kaki menyusuri pantai Senggigi, kita dapat menjumpai Pura Batu Bolong yang merupakan sebuah pura dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai. Bagi pemeluk agama Hindu Bali sangat percaya bahwa pura ini merupakan miniatur Pura Tanah Lot di Bali yang juga dibangun atas batu karang. Di lokasi pura diatas batu karang yang menjorok ke laut ini jika cuaca cerah bisa melihat gunung Agung di pulau Bali, serta bagus untuk melihat pemandangan saat sunset. Deburan ombak dan bunyi percikan air laut yang menerobos melalui sela-sela batu karang yang berlubang melengkapi indahnya pemandangan disekitarnya.


Di sudut tikungan jalan menurun menuju kawasan resort Senggigi, di situlah Pura Batu Bolong berada. Sebuah pura yang berdiri di atas batu karang yang bolong (berlubang) serta tetap kokoh, tegar dan agung di bibir pantai Senggigi ini, menyimpan aura religius yang kuat dengan keindahan pantainya. Buih-buih ombak yang ramah seolah senantiasa merankul dengan damai areal pura dan pantainya.

Menurut legenda masyarakat setempat dahulu kala sering diadakan pengorbanan seorang perawan untuk dimakankan kepada ikan hiu di tempat ini. Legenda lain mengatakan dahulu banyak para wanita yang menerjunkan diri dari tempat ini ke laut karena patah hati. Dari tempat ini juga terlihat Gunung Agung di Pulau Bali.


Get Adobe Flash player
 
Flexi - Visit Lombok Sumbawa © | Designed and Development by Juliarta Suwasta, Powered By Telkom Flexi