Air Terjun Sendang Gile


Berlokasi di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi NTB, terdapat Air Terjun Sendang Gile & Tiu Kelep yang berada di kaki Gunung Rinjani. Untuk menuju ke daerah Senaru bisa melalui jalur Senggigi & jalur Pusuk.

Melewati Pusuk, pemandangan sawah dan hijaunya gunung-gunung di kanan kiri tersaji. Setelah itu perjalanan akan melalui jalan yang berkelok-kelok sambil menanjak sampai melewati puncaknya Pusuk. Ketika melewati Puncaknya Pusuk (Pusuk Pass) akan melalui daerah wisata Pusuk, dimana sepanjang jalan akan terdapat monyet-monyet kecil.

Melalui Senggigi berjarak tempuh lebih jauh dan lebih lama bila dibandingkan melewati pusuk, namun jalur ini menjanjikan view pantai. Mulai dari Pantai meninting, Pantai Batu Bolong, Pantai Senggigi, Pantai Kerandangan, Pantai Malimbu sampai dengan melihat 3 pulau kecil di sebelah barat Pulau Lombok yaitu Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno.

Perjalanan sampai pintu gerbang air terjun Sendang Gile memerlukan waktu 2 jam. Berikutnya perjalanan soft trekking sekitar 15 menit menuju air terjun Sendang Gile & 15 menit berikutnya menuju air terjun Tiu Kelep. Untuk mencapai air terjun Sendang Gile, jalur yg dilewati jalan setapak semen menurun diselingi ratusan anak tangga yg menurun.

Air terjun bernamakan Sendang Gila (baca gile) berasal dari bahasa Sasak yang berarti bukit atau tempat gila. Nama Gila digunakan oleh para sesepuh Bayan untuk memberikan kesan angker terhadap mata air yang bertujuan agar masyarakat tidak merusak mata air. Air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 31 m ini muncul dari atas tebing dan jatuh ke sungai yang ada di bawahnya. Dasarnya relatif datar, sehingga banyak orang yang mandi di bawah air terjun.
Get Adobe Flash player
 
Flexi - Visit Lombok Sumbawa © | Designed and Development by Juliarta Suwasta, Powered By Telkom Flexi