Air Terjun Tiu Kelep


Dari air terjun Sendang Gile, tidak ada jalur khusus untuk mencapai air terjun Tiu Kelep. Setelah beberapa saat melalui alur pinggiran sungai, perjalanan bisa berlanjut ke bagian dalam hutan untuk menikmati air terjun yang lebih besar yaitu air terjun Tiu Kelep.

Melintasi jalan setapak kecil mengikuti aliran irigasi serta melewati jembatan yang sekaligus selokan irigasi di ketinggian sekitar 20m di atas sungai tertutup pepohonan rimbun. Menyeberangi sungai, meloncat-loncat di atas batu-batu sungai, hingga menyusuri jalan setapak sampai akhirnya tiba di air terjun besar yang suaranya bergemuruh kencang. Dibutuhkan sekitar 15 menit perjalanan dari Sendang Gile menuju Tiu Kelep.

Terletak di ketinggian 600m di atas permukaan laut, dengan tinggi air terjun 30m ini bernama Tiu Kelep yang dalam bahasa suku Sasak “tiu” berarti kolam, sedangkan “kelep” berarti terbang. Berukuran besar dengan dinding-dinding raksasa setengah melingkar yang menawarkan suasana udara pegunungan yang cocok untuk relaksasi dengan airnya yang dingin menyegarkan.

Pada saat-saat tertentu, butiran air yang beterbangan itu memunculkan pelangi di ujung air terjun. Sementara menikmati fenomena alam nan mempesona tersebut, pengunjung bisa berenang atau sekadar berendam dalam kolam alami sedalam sekitar 2 meter.
Get Adobe Flash player
 
Flexi - Visit Lombok Sumbawa © | Designed and Development by Juliarta Suwasta, Powered By Telkom Flexi